Follow us on:

^MAKNA HUSNUDZON/BERBAIKSANGKA KEPADA ALLAH TA'ALA^

 bismillaah,

by Al-Akhi Fadhl Ihsan -hafizhahullah-

Oleh : Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin rohimahullohu ta’ala

Pertanyaan: Mohon jelaskan kepada kami makna husnudzon (berbaik sangka) kepada Alloh?

Jawaban:

Husnudzon kepada Alloh adalah jika seseorang telah mengerjakan sebuah amalan sholih, ia berbaik sangka kepada Robbnya bahwasanya Alloh akan menerimanya.

Jika ia berdoa kepada Alloh azza wa jalla ia berbaik sangka kepada Alloh bahwasanya Alloh akan menerima doanya dan mengijabahinya.

Jika ia mengerjakan satu perbuatan dosa kemudian ia bertaubat kepada Alloh dan kembali dari perbuatan dosa tersebut, ia berbaik sangka kepada Alloh bahwasanya Alloh akan menerima taubatnya.

Jika Alloh ta’ala menimpakan musibah pada suatu kejadian, ia berbaik sangka kepada Alloh bahwasanya Alloh azza wa jalla mengadakan musibah tersebut untuk hikmah yang agung dan sempurna.

Berbaik sangka kepada Alloh atas segala yang ditakdirkan Alloh azza wa jalla pada kejadian tersebut dan berbaik sangka kepada Alloh atas setiap apa-apa yang disyariatkan Alloh ta’ala melalui lisan Rosul-Nya shollallohu alaihi wa ala alihi wa sallam bahwasanya hal tersebut adalah baik dan membawa maslahat bagi makhluk-Nya walaupun sebagian manusia tidak memahami maslahat tersebut dan tidak memahami hikmah terhadap apa-apa yang disyariatkan tersebut, tetapi wajib bagi kita semua untuk menerima ketentuan Alloh ta’ala yang berupa syari’at dan takdir-Nya serta berbaik sangka dengan hal tersebut karena Alloh subhanahu wa ta’ala berhak untuk dipuji dan diagungkan.

Diterjemahkan dari : Fatawa Nur alad Darb oleh Syaikh al-Utsaimin rohimahullohu ta’ala.

Sumber: http://ummushofi.wordpress.com/2010/05/17/makna-husnudzon-berbaik-sangka-kepada-alloh-ta’ala/

posted : AL-FIRQAH AN-NAJIYAH (Jalan Golongan Yang Selamat)

Blog Archive