Follow us on:

ALANGKAH NGERINYA NERAKA JAHANAM






Bismilllaah,

Surga dan neraka merupakan tempat yang sesungguhnya, setelah Allaah subhanahu wa Ta'ala memerintahkan malaikat Isrofil untuk meniupkan sangkakalannya maka dunia pun akan hancur dan terjadilah kiamat besar. Setelah itu manusia akan dikumpulkan di padang mashyar. Mereka akan dihisab dan dimintai pertanggung jawabannya selama hidup di dunia.

Jika amalan mereka lebih banyak amalan kebaikannya, surgalah tempat mereka. Sebaliknya jika amalan buruknya lebih tinggi , neraka jahanamlah tempat mereka. Setiap manusia tentulah ingin memasuki surga, maka selagi kita masih diberikan kesempatan dalam hidup maka berlomba-lombalah dalam kehidupan ini.

KEADAAN DI NERAKA JAHANAM

Neraka jahanam adalah tempat untuk manusia yang lalai dalam menjalankan perintah-Nya. Keadaan di neraka ini jauh dari kenyamanan, yang ada adalah sebuah tempat penyiksaan dan balasan terhadap orang-orang yang tidak beriman.

Keadaan neraka itu sangatlah hitam gelap tak satupun cahaya disana. Hanyalah api yang siap memangsa setiap penghuni neraka.

Diriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda :

"Akan didatangkan pada hari kiamat itu neraka Jahannam, dan neraka itu mempunya 70.000 kendali, dan pada setiap kendali itu ditarik oleh 70.00 malaikat. "

Allaah subhanahu wa Ta'ala berfirman dalam surat QS. At Tahrim : 6, yang artinya :

"Sedang penjaganya malaikat-malaikat yang kasar lagi keras." "Setiap malaikat apa yang ada di tiap pundaknya adalah jarah perjalanan setahun, dan setiap satu dari mereka itu mempunyai kekuatan yang mana kalau mereka memukul gunung dengan pemukul yang ada padanya, maka niscaya akan hancur lebur gunung tersebut. Dan denga sekali pkulan saja ia akan membenamkan 70.000 ke dalam neraka Jahannam.

PINTU-PINTU NERAKA JAHANNAM

Bahwasanya di neraka jahannam terdapat 7 pintu tempat masuknya para penghuni neraka. Pintu-pintu itu dibuat berdasarkan tingkat dosa yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak beriman. Dan nama-nama ke 7 pintu itu adalah sebagai berikut :

1. Hawiyah

Pintu yang paling pertama atau sering disebut sebagai lapisan yang paling bawah neraka jahannam bernama pintu hawiyah. Di dalamnya ditempai oleh orang-orang munafik dan orang-orang kafir.

Neraka jahannam ini ditujukan kepada orang-orang yang ringan amalannya, yaitu orang-orang yang selama hidupnya di dunia melakukan kebaikan dan juga keburukan. Setiap orang muslim( laki-laki dan perempuan ), yang kehidupannya tidak sesuai dengan ajaran agama Islam, misalnya wanita muslim yang tidak berjilbab, lelaki muslim yang sering memakai emas, memperoleh rezeki yang tidak halal, memakan riba dan lain-lain. Neraka Jahannam Hawiyah adalah tempat mereka tinggal.

2. Jahim.

Neraka jahannam ini adalah tempat penyiksaan orang-orang musyrik, atau orang-orang yang telah menyekutukan Allaah. Orang-orang musyrik ini akan disiksa oleh sesembahan mereka sendiri. Syirik dalam ajaran Islam merupakan salah satu dosa yang sangat besar menurut Allaah.

Perbuatan syirik berarti mempercayai bahwa ada mahluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Allaah. Bisa juga diartikan bahwa menganggap ada Tuhan selain Allaah. Neraka jahannam Jahim-lah tempat orang-orang ini.

3. Saqar.

Neraka jahannam ini diperuntukan bagi orang-orang munafik. Yaitu orang-orang yang mendustakan perintah Allaah dan Rasul-Nya. Orang-orang ini mengetahui bahwa Allaah telah menentukan hukum Islam melalui perkataan Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam, tetapi mereka malah meremehkan syari'at Islam. Neraka jahannam Saqar adalah tempat mereka.

4. Lazhaa.

Neraka jahannam ini diperuntukan bagi orang-orang yang senang mengumpulkan harta, serakah, dan menghinakan orang-orang miskin. Neraka jahannam Lazhaa juga disedikan untuk orang yang serakah tidak mau mengeluarkan zakat dan orang yang bermuka masam saat ada seorang miskin meminta pertolongan.

5. Huthamah.

Neraka jahannam ini diperuntukan bagi orang-orang yang suka mengumpulkan harta berupa EMAS, PERAK atau PLATINA. Neraka jahannam Huthamah juga disediakan untuk orang yang serakah tidak mau mengeluarkan zakat harta serta menghina orang miskin. Di neraka jahannam inilah harta yang dikumpulkan mereka akan dibawa dan dibakar untuk diminum oleh para pengumpul harta.

6. Sa'iir

Neraka jahannam ini dipenuhi oleh orang-orang kafir dan orang-orang yang memakan harta anak YATIM. Neraka jahannam Sa'iir inilah tempat untuk mereka.

7. Wail

Neraka jahannam Wail diperuntukan bagi para pengusaha dan pedagang yang licik mengurangi berat timbangan, mencalokan barang dagangan untuk memperoleh keuntungan yang berlipat ganda. Di neraka jahannam ini barang dagangan mereka akan dibakar, lalu akan dimasukan ke dalam perut mereka. Inilah azab dari dosa-dosa yang mereka perbuat.

KEADAAN PARA PENGHUNI NERAKA JAHANNAM

1. Mereka tidak hidup dan tidak mati.

Artinya para penghuni neraka jahannam waktunya tidak lepas dari penderitaan dan siksaan. Mereka tidak pernah merasakan hidup secara wajar. Setelah penyiksaan itu hilang dan mereka kembali seperti semula, dalam beberapa saat kemudian mereka akan kembali disiksa.

2. Dipukul dengan palu besi.

Saat pertama kali dimasukan ke dalam neraka jahannam, mereka akan disambut oleh para malaikat yang menjaga neraka. Siksaan yang pertama kali mereka terima adalah mereka akan dipukul dengan palu yang terbuat dari besi api neraka. Seluruh tubuh mereka akan merasakan pukulan ini.

3. Berganti kulit secara terus menerus.

Setelah kulit mereka terkelupas karena terbakar api dan karena siksaan, maka kulit mereka akan diganti dengan yang baru. Tetapi setelah mereka mendapat siksaan lagi, kulit mereka akan terkelupas kembali dan terus akan seperti itu.

4. Pakaian penghuni neraka.

Para penghuni neraka akan memakai pakaian yang terbuat dari besi kuningan. Besi tersebut sangat panas dan pakaian tersebut adalah pakaian sehari-hari dari para penghuni neraka jahannam.

5. Dimasukan ke dalam lautan.

Artinya mereka akan dimasukan ke dalam lautan airyang mendidih yang ada di neraka. Setiap hari mereka akan direbus di dalam lautan tersebut dan itu berlangsung secara terus menerus.

7. Makanan penghuni neraka.

Mereka akan diberi makanan kayu zaqqum. Apabila mereka makan kayu tersebut maka isi perutnya akan keluar dengan berantakan, otaknya akan mendidih dari mulutnya keluar api, tubuh mereka akan berjatuhan di antara telapak kaki.

Selain itu mereka akan mendapatkan makanan pohon berduri serta mereka akan disuguhkan dengan makanan darah yang bercampur dengan nanah dan yang memakannya adalah para penghuni neraka jahannam.

7. Minuman para penghuni neraka.

Di neraka jahannam pun disediakan minuman. Minuman didatangkan langsung dari mata air yang mendidih. Minuman dari air dan nanah, minuman dari luka dan nanah. Serta minuman dari air dingin yang sangat dingin.

MALAIKAT PENYIKSA DI NERAKA JAHANNAM

Neraka jahannam dijaga secara ketat. Dan mempunyai malaikat penyiksa yang begitu patuh kepada Allaah. Sosok malaikat penyiksa ini berdiri dengan sangat tegap, berbadan besar, ekspresi wajahnya sangat menakutkan, suaranya sangat garang, mempunyai temperamen yang sangat kasar, sadis dan keras. Hal ini seperti terdapat dalam Al Qur'an dalam surat At Tahrim ayat 6, yang artinya :

"Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu. Penjaganya adalah malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allaah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. (At Tahrim : 6)

***

✽ penyesalan penghuni kubur setelah menjumpai kematian

حَتَّى إِذَا جَاءَ أَحَدَهُمُ الْمَوْتُ قَالَ رَبِّ
ارْجِعُونِ ( ) لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ كَلَّا إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ

“Hingga apabila datang KEMATIAN kepada seseorang dari mereka, dia berkata, “Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat AMAL SHALIH terhadap yang telah aku tinggalkan.

Sekali-kali tidak...
Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada DINDING sampai hari mereka dibangkitkan”
(QS al-Mukminun: 99-100)

✽ Saat pagi dan sore para penghuni kubur..

إِنَّ أَحَدَكُمْ إِذَا مَاتَ عُرِضَ عَلَيْهِ مَقْعَدُهُ بِالْغَدَاةِ وَالْعَشِىِّ إِنْ كَانَ مِنْ أَهِلِ الْجَنَّةِ فَمِنْ أَهلِ الجَنَّةَ وَإِنْ كَانَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ فَمِنْ أَهْل النَّار يُقَالُ هََِذَا مَقْعَدُكَ حَتَّى يَبْعَشَكَ اللَّهُ إِلَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Apabila seseorang telah mati, akan diperlihatkan kepadanya tempat tinggalnya pada waktu PAGI dan SORE.
Jika ia termasuk penghuni surga, maka diperlihatkan tempatnya di SURGA.
Dan jika ia dari penghuni neraka maka diperlihatkan tempatnya di NERAKA.

Kemudian dikatakan kepadanya,
“Inilah tempatmu yang akan engkau tempati pada hari Kiamat”
(HR Muslim:5110, Ahmad:5656, Mâlik:502)

✽ rasa syukur dan penyesalan penghuni kubur

لاَ يَدْ خُلُ أَحَدٌ الْجَنَّةَ إِلاَّ أُرِيَ مٌَقْعَدَهُ مِنْ النَّارِ لَوْ أَسَاءَ لِيَزْ دَادَ شُكرْرًا وَلاَ يَدْ خُلُ النَّارَ أَحَدٌ إِلاَّ أُرِيَ مَقْعَدَهُ مِنْ الْجَنَّةِ لَوْ أحْسَنَ لِيَكُوْن عَلَيْهِ حَسْرَةً

Tiada seorang pun masuk ke dalam SURGA kecuali diperlihatkan kepadanya tempatnya di neraka, seandainya ia berbuat jelek, agar bertambah RASA SYUKURnya

Dan tidaklah seorang pun masuk ke dalam NERAKA kecuali diperlihatkan kepadanya tempatnya di surga, seandainya ia berbuat baik, agar semakin bertambah atasnya RASA PENYESALANnya”
(HR Bukhâri:6084)

*tempat kembali manakah yang kita persiapkan..?

Jangan Terlena !


Blog Archive