Follow us on:

Kitab Yang Diperingatkan oleh Para Ulama (Bagian 1) : Shafwah at-Tafsir

Taman - Taman Para Penuntut Ilmu

"Kitab Yang Diperingatkan oleh Para Ulama (Bagian 1)"

 Shafwah at-Tafsir

Beberapa bulan yang lalu, telah terbit sebuah kitab tafsir yang merupakan terjemahan dari kitab Shafwah at-Tafsir. Karena saya sangat tertarik dengan pembahasan ilmu Tafsir, sehingga saya mencari info tentang kitab ini.

Kitab ini diterjemahkan oleh Pustaka al-Kautsar dalam 5 jilid lengkap. Setelah dicari - cari akhirnya saya menemukan penjelasan Syaikh DR.Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan, yuk kita simak penjelasan Syaikh hafidzahullah.


Syaikh DR.Abdul Aziz bin Muhammad as-Sadhan hafidzahullah menjelaskan :
"Penulisnya (Shafwah at-Tafasir) adalah Muhammad Ali ash-Shabuni. Kitab ini masyhur dan populer serta naskahnya banyak tersebar diantara kalangan terpelajar dan awam. Bersama ini semua, didalamnya banyak terdapat pemutarbalikan fakta dan pertentangan.

Dari masalah - masalah yang banyak itu secara garis besar dijelaskan dalam tiga perkara :
Pertama : Banyaknya penilaian yang salah terhadap orang yang berilmu yang tsiqah (terpercaya).
Kedua : Bersandar kepada takwil dalam ayat - ayat sifat dan banyak mengambil dalil dari pendapat ahli kalam.
Ketiga : Tidak amanah didalam menukil.Saya tidak akan berpanjang lebar kepada pembaca dalam membicarakan tentang akidah lelaki ini (muhammad ali ash-shabuni) pada khususnya serta bukunya yang lain pada umum nya, tetapi cukuplah dengan mengalihkan kepada sebagian buku dan risalah - risalah yang menjelaskan kesalahan - kesalahan nya dan pertentangan nya, maka sebagian itu adalah :
1. Makalah yang ditulis oleh yang terhormat Syaikh Abdul Aziz bin Baz dalam majalah al-Ifta' 10 hal 279
2. Tanbihat Haamah 'ala Kitab Shafwa at-Tafasir (Peringatan Penting atas Kitab Shafwatu at-Tafasir) karya Syaikh Muhammad Jamil Zainu.
3. Ta'qibat wa Mulahazhat 'ala Kitab Shafwah at-Tafasir (Komentar dan Koreksi Terhadap kitab Shafwatu At-Tafasir) karya Syaikh Prof.DR.Shalih al-Fauzan.
4. Mulahazhat (Koreksian) yang ditulis oleh Syaikh Ismail al-Anshari.
5. At-Tahdzir min Mukhtasharat ash-Shabuni fi at-Tafasir (Peringatan terhadap ringkasan ash-Shabuni dalam tafsirnya) karya Syaikh Bakr Abu Zaid.
6. Al-Mufassirun Baina at-Ta'wil wa al-Itsbat fi Ayat ash-Shifat (Para penafsir antara ta'wil dan isbat dalam ayat sifat) karya Syaikh al-Maghrawi 2/371.
7. Akhthar 'ala al-Muraja'ah al-'Ilmiyah (Beberapa bahaya atas koreksi ilmiah) karya Syaikh Utsman ash-Shafi hal 9
8. DR.Sa'ad Zhalam dekan Fakultas bahasa Arab di al-Azhar memberikan jawaban dalam majalah Manar al-Islam dan kitab lain nya.

[Kutubun, Akhbarun, Rijalun, Ahadits Tahtal Mijhar karya Syaikh Abdul Aziz bin Muhammad ash-Sadhan. Diterjemahkan dengan judul Sorotan Total Ulama Salaf hal 39-40. cet Pustaka as-Sunnah]

Maka dari itu hendaklah berhati - hati terhadap kitab Shafwah at-Tafasir, dan hendaklah kita membaca kitab - kitab tafsir yang selamat dari syubhat dan kitab yang masyhur seperti tafsir Ibnu Katsir dan yang lain nya.

Abu Abdillah Prima Ibnu Firdaus ar-Roni al-Mirluny
Desa Merlung, 16 Ramadhan 1433 H / 05 Agustus 2012 M

source

ada diskusi tentang tafsir ini di forum Al Ajurry, dengan judul :

تحذير العلماء من الصابوني و مختصراته

diskusinya bisa dilihat disini : http://www.ajurry.com/vb/showthread.php?t=2350

Blog Archive